Rabu, 16 Mei 2012

Khutbah Jum'at KEUTAMAAN AL-QUR’AN AL-KARIM


KEUTAMAAN AL-QUR’AN AL-KARIM
الحمد لله نحمده ونستعينه ونستغفره ونعوذ من سرور أنفسنا ومن سيئاة أعمالنا من يهد الله فلا مضل له ومن يضلله فلا هادي له. أشهد أن لااله الاّ الله وأشهد أن محمدا عبده ورسوله. اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد حبيب رب العالمين إمام المتقين سيدنا ونبينا محمد صلى الله عليه وسلم أمابعد. فيا عباد الله اتق الله حق تقاته ولا تموتن الاّ وأنتم مسلمون. قال تعالى في القرأن الكريم وهو أصدق القائلين أعوذ بالله من الشيطان الرجيم : قل لئن اجتمعت الإنس والجن على أن يأتوا بمثل هذا القرأن لا يأتون بمثله ولو كان بعضهم لبعض ظهيرا.

Jama’ah sholat jum’ah rahimakumullah.
Puji syukur senantiasa kita panjatkan kepada Allah Swt.
Tuhan yang telah menciptakan langit dan bumi
خلق السموات والأرض
Tuhan yang menjadikan manusia seutuhnya
لقد خلقنا الإنسان في أحسن تقويم
Dan Tuhan yang menguasai hari pembalasan
ملك يوم الدين
Allah Swt memiliki langit dan bumi beserta isinya
له ما في السموات والأرض
Dan tidak akan kita nafikan sholawat syafa’at paduka agung Rasulullah Saw.
ختم النبيين وحفظ المرسلين سيدنا محمد صل الله عليه وسلم
Allah Swt berfirman :                                                                                                    
. إن الله وملئكته يصلون على النبي يا أيها الذين أمنوا صلوا عليه وسلموا تسليما.
            Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.
عباد الله
Diatas mimbar yang mulia ini al-khotib al-fakir, mengharapkan karunia dan keridhoan-Nya, untuk selalu meningkatkan kwalitas ketakwaan dan kadar keimanan yang kadang-kadang naik dan terkadang turun.
Begitu juga khotib berwasiat kepada kaum muslimin untuk senantiasa bertaqwa kepada Allah dimanapun berada.
Nabi bersabda :
اتق الله حيث ما كنت واتبع سيئة الحسنة تمحها وخالق الناس بخلق حسن.
Bertaqwalah kamu kepada Allah dimanapun kamu berada dan iringilah perbuatan kejahatan itu dengan kebaikan, dan bverakhlaklah kepada manusia dengan akhlak yang baik.
عباد الله
Perkenankanlah al-khotib al-fakir untuk menyampaikan tentang keagungan dan kebesaran al-qur’anil karim yang menjadi petunjuk dan pedoman untuk membedakan yang hak dan yang batil. Allah Swt berfirman:
شهر رمضان الذي أنزل فيه القرأن هدى للناس وبينت من الهدى والفرقان.
Bulan ramadhan, bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) al-qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).
عباد الله
Al-qur’an sebagai kalamullah yang agung dan kebenarannya tiada tara yang didalamnya terdapat cerita yang mengandung hokum dan didalam hokum yang  mengandung hikmah, ada perbandingan dan ada rahasia illahi, urusan duniawi dan urusan ukhrowi, surga dan neraka, kafir dan mu’min, perilaku manusia, jin dan malaikat-Nya, bahasanya indah dan tiada seorangpun yang mampu membuat semisalnya, walau ahli syair sekalipun.
Pernah dizaman nabi ada seorang ahli syair terkenal bernama Musailamah ak-Kadzab, menantang Nabi Muhammad Saw untuk membuat semisal al-qur’an, lalu nabipun mempersilahkannya, dia kemudian membacakan ayat yang dibuatnya yang berbunyi :
الفيل أذنه كبير أنفه طويل.
Yang artinya : “Gajah itu telinganya lebar dan gajah itu belalainya panjang”.
Ketika ayat diatas didengar oleh orang-orang arab, mereka terbahak-bahak seraya berkata : “wahai musailamah kenapa engkau katakan sesuatu yang orang lain tau dan tidak sopan itu?”. Lalu diapun merasa terhina dan malu, kemudian hijrah kenegeri lain.
عباد الله
Dari kisah diatas dapat kita simpulkan bahwa tidak ada orang yang mampu membuat semisal al-qur’an walau mereka saling bekerja sama dan ketika seorang menghina al-qur’an dia akan jatuh terhina dan ketika seorang memuliakannya pasti akan menjadi mulia.
Allah Swt berfirman :
قل لئن اجتمعت الإنس والجن على أن يأتوا بمثل هذا القرأن لا يأتون بمثله ولو كان بعضهم لبعض ظهيرا.
Katakanlah :”Sesungguhnya jika manusia dan jin berkumpul untuk membuat yang serupa al-Qur’an ini, niscaya mereka tidak akan dapat membuat yang sserupa dengan dia, sekalipun sebagian mereka menjadi pembantu bagi sebagian yang lain”.
Al-qur’an bukan untuk satu ummat, al-qur’an bukan untuk satu abad, melainkan al-qur’an untuk semua umat dan untuk sepanjang masa, dari masa dahulu, sekarang dan masa yang akan datang.
Masa Terdahulu
Al-qur’an dengan keagungan dan kebesarannya, mampu menceritakan kejadian yang telah terjadi dimasa lampau seperti kejadian terbentuknya alam semesta ini, para ahli fisika mengatakan : “ Bahwa alam semesta ini dulu asalnya satu titik yang mengalami sebuah ledakan dahsyat yang kemudian menjadi matahari, planet-planet, bintang-bintang dan semua yang ada dialam semesta ini”. Penemuan tersebut mereka sebut dengan teori Big Bang. Dan al-qur’an telah menyebutkan terdahulu sebelum para ahli fisika menelitinya sebagaimana firman Allah Swt.
أولم يرى الذين كفروا أنّ السموات والأرض كانتا رتقا ففتقنهما، وجعلنا من الماء كل شيء حيّ أفلا يؤمنون.
Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah satu yang padu, kemudian kami pisahkan antara keduanya, dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup, Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?.

Masa Sekarang
Politik, social, budaya, kesehatan, ilmu pengetahuan, telah disebut dalam al-qur’an sesuai dengan perkembangannya, dari yang besar sampai yang sekecil-kecilnya, seperti ditemukannya unsure terkecil yang dulu disebut semut merah kemudian diteliti lagi menjadi atom dan penelitian sekarang menyebutnya nuklir suatu unsure yang tidak bisa dipecahkan lagi. Didalam al-qur’an telah disebut benda  yang terkecil dan tidak bisa dipecahkan lagi disebut dengan ذرة dan disebut lebih dulu dari semut merah, atom dan nuklir. Allah Swt berfirman.
`yJsù ö@yJ÷ètƒ tA$s)÷WÏB >o§sŒ #\øyz ¼çnttƒ ÇÐÈ   `tBur ö@yJ÷ètƒ tA$s)÷WÏB ;o§sŒ #vx© ¼çnttƒ ÇÑÈ  
Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya.Dan Barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya Dia akan melihat (balasan)nya pula.


Masa yang akan datang
#sŒÎ) âä!$yJ¡¡9$# ôNtsÜxÿR$# ÇÊÈ   #sŒÎ)ur Ü=Ï.#uqs3ø9$# ôNuŽsYtGR$# ÇËÈ   #sŒÎ) âä!$yJ¡¡9$# ôNtsÜxÿR$# ÇÊÈ   #sŒÎ)ur Ü=Ï.#uqs3ø9$# ôNuŽsYtGR$# ÇËÈ   #sŒÎ)ur â$ysÎ7ø9$# ôNtÉdfèù ÇÌÈ   #sŒÎ)ur âqç7à)ø9$# ôNuŽÏY÷èç/ ÇÍÈ   ôMyJÎ=tã Ó§øÿtR $¨B ôMtB£s% ôNt¨zr&ur ÇÎÈ  
 Apabila langit terbelah, Dan apabila bintang-bintang jatuh berserakan, Dan apabila lautan menjadikan meluap, Dan apabila kuburan-kuburan dibongkar, Maka tiap-tiap jiwa akan mengetahui apa yang telah dikerjakan dan yang dilalaikannya.
Kalau kita cermati ayat diatas akan terucap dalam hati, itu adalah qiyamat, sebagaimana para ahli fisika meneliti dan memprediksikan bahwa energi cahaya matahari suatu saat akan habis, bumi akan meleleh akibat pemanasan global, dan bintang-bintang akan bertabrakan dan berjatuhan, lalu mereka menyimpulkan bahwa alam semesta ini akan hancur yang kita sebut qiyamat, qiyamat adalah suatu kejadian yang tidak seorangpun tau kapan terjadi namun harus kita imani pasti terjadi. “Hanya orang yang bodoh yang tidak percaya dengan qiyamat karena penelitian sudah jelas”Habib Saggaf Bin Mahdi.
عباد الله
Dari uraian diatas dapat kita simpulkan, kebenaran al-qur’an tidak ada tandingannya, keagungan al-qur’an tidak akan habis dilelang zaman, hanya al-qur’an yang mampu menjawab permasalahan umat seluruh alam hanya al-qur’an yang bisa mengikuti perkembangan zaman.

إن أحسن الكلام وأبين النظام كلام الله الملك العلام. أعوذ بالله من الشيطان الرجيم شهر رمضان الذي أنزل فيه القرأن هدى للناس وبينت من الهدى والفرقان. برك الله لى ولكم في القرأن العظيم ونفعني وإياكم بما فيه من الأيات والذكر الحكيم وتقبل الله مني ومنكم تلاوته إنه هو السميع العليم. أقول قولي هذا فاستغفروه إنه هو الغفور الرحيم.


الخطبة الثانية
الحمد لله رب العالمين وبه نستعين وعلى أمور الدنيا والدين، أشهد أن لا اله الاّالله وأشهد أن محمدا رسول الله. اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد حبيب رب العالمين إمام المتقين سيدنا ونبينا محمد صلى الله عليه وسلم أمابعد. فيا عباد الله اتق الله حق تقاته ولا تموتن الاّ وأنتم مسلمون. إن الله وملئكته يصلون على النبي يا أيها الذين أمنوا صلوا عليه وسلموا تسليما. اللهم صل غلى سيدنا محمد وارض عن أصحابه رسول الله أجمعين ومن تبعهم بإحسان الى يوم الدين. اللهم اغفر للمسلمين والمسلمات الأحياء منهم والأموات. ربنا اغفر لنا ولإخواننا الذين سبقون بالإيمان ولا تجعل في قلوبنا غلا للذين أمنوا ربنا إنك رؤف رحيم والحمد لله رب العالمين.
عباد الله إن الله يأمر بالعدل والإحسان وإيتاء ذى القربى وينهى عن الفخشاء والمنكر والبغي يعيظكم لعلكم تذكرون واشكروه على نعمه يزدكم ولذكر الله أكبر.

2 komentar: